Metode thalabul ilmi secara ringkas, Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin



Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah ditanya: apa metode menuntut ilmu (thalabul ilmi) secara ringkas? Semoga Allah membalas anda dengan kebaikan.
Beliau rahimahullah menjawab:
Metode dalam menuntut ilmu secara ringkas dalam beberapa point:

  • Semangatlah untuk menghafal al-Qur’an dan jadikan pada setiap hari jadual tertentu dimana engkau jaga untuk membacanya. Dan hendaknya engkau membaca dengan tadabbur dan berusaha memahami. Jika engkau mendapat faedah di tengah-tengah bacaanmu, maka hendaknya engkau ikat.
  • Semangatlah untuk menghafal yang mudah dari hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang shahih, diantaranya menghafal Umdatul Ahkam.
  • Semangatlah untuk konsentrasi dan memegang kuat, dimana jangan engkau mengambil ilmu secuplik-secuplik, dari yang ini sedikit, dari yang itu sedikit. Karena ini akan menyia-nyiakan waktumu dan membikin pikiranmu terpecah.
  • Mulailah dengan kitab yang kecil dan perhatikan dengan baik, kemudian baru berpindah kepada yang di atasnya, sehingga engkau memperoleh ilmu sedikit-sedikit secara kokoh di hatimu dan engkau merasa tenang.
  • Semangatlah untuk mengetahui ushul (pokok) permasalahan, kaedah-kaedahnya, dan ikatlah setiap dari hal-hal ini yang melewatimu. Telah dikatakan: “Barangsiapa yang terhalang dari perkara ushul, maka akan terhalangi dari sampainya (ke yang dia cita-citakan).”
  • Diskusikanlah permasalahan-permasalahan dengan syaikh-mu, atau dengan orang yang engkau percayai ilmu dan agamanya dari temanmu, meskipun engkau membayangkan dalam pikiranmu bahwa seseorang berdiskusi denganmu tentang masalah itu, jika tidak mungkin untuk diskusi dengan orang yang telah kami sebutkan.
(Sumber: Kitab al-Ilmi karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah hal 123-124, Dar ats-Tsuraya Lin-Nasyr, Cet 1, 1417 H/1996)


The Title of this article is Metode thalabul ilmi secara ringkas, Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin and talk about Metode thalabul ilmi secara ringkas, Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin. Url of Metode thalabul ilmi secara ringkas, Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin is http://fatawasalafy.blogspot.com/2012/01/metode-thalabul-ilmi-secara-ringkas.html. Give the opinion about Metode thalabul ilmi secara ringkas, Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin.



 
free counters

Klik

Back to top Copyright © 2011 | Blog Fatawa Salafy